I.
Surat
·
Arti
& Fungsi Surat
Arti
Surat
SURAT
adalah Sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis
oleh suatu pihak kepada pihak lain. Informasi itu dapat berupa :
o
Pemberitahuan
o
Pernyataan
o
Perintah
o
Permintaan / Permohonan
o
Laporan
Fungsi Surat
1. Sebagai
sarana komunikasi.
2. Sebagai
alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah
pikiran atau gagasan.
3. Sebagai
alat bukti tertulis.
4. Sebagai
alat untuk mengingat.
5. Sebagai
bukti historis.
6. Sebagai
pedoman kerja.
·
Syarat
yang Baik dalam Surat
1. Jelas
Jelas disini berarti, tulisan
mudah dibaca dan mudah pahami baik dari identitas si pengirim surat, nama dan
alamat yang dituju, serta dari isi surat itu sendiri.
2. Benar
Benar disini berarti,
isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya (tidak untuk iseng),
serta menggunakan kosa kata yang baku.
3. Sopan
Sopan disini berarti, menggunakan
bahasa yang tidak hanya baku tetapi juga memiliki sopan santun.
4. Singkat/tidak
terlalu bertele-tele
Singkat disini bukan
berarti penulisan katanya yang harus disingkat-singkat, tetapi menggunakan
bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
5. Lengkap
Lengkap disini berarti,
Maksud dan tujuan sudah terwakilkan atau tertuang semua dalam surat.
6. Menarik
Menari disini bukan
berarti harus menggunakan kosa kata seperti pada iklan-ikan yang sering kita
jumpai. Tetapi, kertas dan sampul surat harus serasi, bersih dan rapi sehingga
enak dipandang dan dibaca.
·
Bahasa
Surat
Bahasa yang digunakan
hendaklah bahasa yang benar dan baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Bahasa surat resmi haruslah logis, wajar, hemat, cermat, sopan, dan menarik.
·
Bagian-bagian
Surat
Ø Bagian-bagian
surat pribadi :
1. Tempat,
tanggal,bulan,tahun penulisan surat
2. Alamat
surat
3. Salam
pembuka
4. Kalimat
pembuka
5. Isi
surat
6. Kalimat
penutup
7. Salam
Penutup
8. Tanda
tangan
9. Nama
pengirim
Ø Bagian-bagian
surat dinas :
1. Kepala
surat
2. No,Lampiran
,Perihal
3. Tanggal,bulan,tahun
penulisan surat
4. Alamat
surat
5. Salam
pembuka
6. Kalimat
pembuka
7. Isi surat
8. Kalimat
penutup
9. Salam
penutup
10. Tanda
tangan
11. Nama
pengirim
Kerangka isi surat :
1. Paragraf
pembuka
2. Paragraf
isi
3. Paragraf
penutup
·
Contoh-contoh
Surat
1.
Surat Pribadi
Surat
yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Komunikasi
antara anak dan orang tua, antarkerabat, antarsejawat, dan antarteman. Digunakan
kartu pos, warkat pos, atau surat bersampul. Berikut ini adalah contoh surat
pribadi :
Bekasi, 25 Mei 2015
Sahabatku,
Zihan
Oktaviani
Di
Sleman
Asalamualaikum
Hai
Zihan, apa kabar? Bagaimana kabarmu Han ? Sehat dan bahagia
bukan?
Sudah lama rasanya ya kita tidak bertemu. Sejak tiga tahun yang lalu tepatnya
saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bekasi aku tidak pernah lagi
mendengar kabar tentangmu. Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah di
manapun berada.
Akhir
bulan ini keluargaku berencana pulang ke Yogyakarta untuk menjenguk nenek. Aku
berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman
sekalian bersilaturahmi dengan kalian para sahabat kecilku yang sangat ku
rindu.
Tapi
apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Hari itu ternyata aku ada ujian
semester di kampus. Sehingga dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus
diundur lain kali.
Han,
sekian dulu, ya! Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman
yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.
Sahabatmu,
Deanysa
Buggy Asih
2.
Surat Dinas
Segala
komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas
instansi. Salah satu alat komunikasi kedinasan yang sangat penting dalam
pengelolaan administrasi, seperti penyampaian berita tertulis yang berisi
pemberitahuan, penjelasan, permintaan, pernyataan pendapat dari instansi kepada
instansi lain dan dari instansi kepada perseorangan atau sebaliknya. Berikut
ini adalah contoh surat Dinas :
PEMERINTAH
PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1234 JAKARTA
Jl.
Jaya 123 Jakarta, telp. (021) 555-12345
Jakarta, 20
September 2014
Nomor : 299/smp249/2014
Lampiran : -
Perihal : Undangan Wali Murid
Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 1234 Jakarta,
Assalamu'alaikum Wr.
Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian
Dalam rangka
memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 1234 Jakarta, Kami pengurus OSIS akan
melakukan acara santunan kepada anak yatim piatu, dan mohon kiranya para Orang
Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan, oleh karena
itu kami mohon kehadirannya pada :
Hari / tanggal :
Senin / 22 september 2014
Tempat :
Aula Serba Guna SMP Negeri 1234
Acara : Partisipasi dari Orang Tua / Wali Murid
Mengingat pentingnya
acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan
ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih. Wassalamu'alaikum
Wr. Wb.
Mengetahui,
Kepada Sekolah SMP
Negeri 1234 Jakarta Ketua OSIS
Murdiono Gunawan
NIP : 122133144155166
3.
Surat Niaga
Surat
yang dipergunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga,
seperti perdagangan, perindustrian, dan usaha jasa.
Macam-macam
surat niaga :
a. surat
penawaran
b. surat
pengaduan
c. surat
pesanan
d. surat
pengiriman
e. surat
pembayaran barang
f. surat
penagihan, dan sebagainya.
Berikut
ini salah satu contoh surat niaga :
PT.
USAHA MANDIRI
Jl.
Soedirman No.18
Palembang
No. 105/UM/IX/12 03
Oktober 2012
PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No
11
Palembang
Hal : pembayaran faktur No.21/IX/12
Dengan hormat,
Menurut catatan kami
ternyata saudara belum melunasi faktur kami No.21/IX/12, tanggal 04 September
2012, sebesar Rp.1.500.000 (satu juta lima ratus), yang seharusnya saudara selesaikan
tanggal 01 Oktober 2012.
Mengingat pembayaran
sudah lewat jangka waktu pembayaran, besar harapan kami Saudara segera membayar
faktur tersebut melalui cabang BRI setempat.
Atas perhatian Saudara,
kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Direktur
Eka Lilis Suhandayani
II.
CV
·
Manfaat
CV
Manfaat curiculum vitae
adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya.
Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat
mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan,
serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari
spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV
menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.
·
Susunan
CV
1. Data
Pribadi
Bagian ini berisi nama,
alamat, agama, email, nomor telepon dan identitas pribadi lainnya.
2. Pendidikan
Bagian ini menjelaskan
latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang dituju. Pada
umumnya, banyak yang membuat CV menjelaskan
dari TK (Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan
terakhir).
3. Pengalaman
Kerja
Bagian ini adalah
bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan
gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau
masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera
menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian
yang panjang.
4. Skill
Yang Dimiliki
Seharusnya pada bagian
ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses
belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk
yang meyakinkan dan informatif.
5. Training
Yang Pernah Diikuti
Untuk lebih meyakinkan
lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk
memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja
yang sudah dimiliki.
6. Prestasi
Ini adalah bagian yang
penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan, kelebihan dan presetasi
sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
7. Kegiatan
Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Selain hal-hal yang
berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pada CV juga perlu memberikan sedikit
gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa
pemilik CV bisa membagi waktu dan memiliki hubungan sosial yang lebih luas, tidak hanya sebatas di
lingkungan pekerjaan.
·
Bagaimana
membuat CV yang baik & menarik
o
Rapi dan Mudah Dibaca
Ini merupakan syarat
utama dari sebuah CV atau resume yang efektif dan menjual. Penampilan CV tentu akan menjadi kesan
pertama apakah pembaca ingin melanjutkan ke tahapan selanjutnya atau menyerah
sebelum membaca apa yang ada di dalamnya. Kerapian dapat menggambarkan
seseorang yang tertib, teratur, sistematis juga kemampuan bekerja-sama dengan
orang lain. Jadi pastikan Anda menggunakan huruf dengan ukuran normal, spasi
jangan terlalu rapat, margin tidak konsisten, atau ejaan yang banyak kesalahan.
Gunakan format standar, ubahlah format tersebut sesuai dengan kebutuhan.
o
Memberikan Informasi Lengkap
CV atau resume yang
efektif selalu memberikan informasi lengkap dan relevan kepada orang yang
membacanya, setidaknya mencakup semua yang telah Gajimu jabarkan di poin
sebelumnya. Gunakan gaya bahasa formal dan kalimat-kalimat yang sederhana serta
konsisten dalam seluruh dokumen anda. Dan tulislah CV dengan jujur dan akurat.
o
Disajikan Secara Ringkas
CV atau resume yang
efektif memang harus menyajikan informasi secara lengkap, tapi bukan berarti CV
atau resume Anda harus panjang sekali sampai 10 halaman. Cobalah Anda
memaparkan informasi penting, detail dan relevan terhadap pekerjaan yang dituju
hanya dalam 1-2 halaman.
o
Konsistensi Karir
Sudah menjadi rahasia
umum kalau satu hal ini adalah salah satu kunci penting yang menentukan untuk
dihubungi oleh pihak perusahaan menuju tahapan rekrutmen berikutnya. Pihak
perusahaan lebih memilih specialis dalam bidang tertentu untuk mengisi posisi
yang lowong.
o
Karir Progresif
Ketika Anda sudah
menjadi spesialis di satu bidang, keputusan untuk menuju tahap rekrutmen
berikut biasanya akan lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan kalau apabila
Anda menjalani karir yang progresif. Karena disinilah indikator paling nyata
apakah Anda mampu memberikan performa kerja terbaik dalam spesialisasi yang
dipilih — yang berarti pula mendapat ganjaran berupa promosi jabatan kalau
memang berprestasi.
o
Achievement
Jangan pernah ragu
untuk mencantumkan pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap jabatan atau
posisi yang ditempati sebelumnya. Inilah kesempatan terbaik untuk menjual bukti
kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak perusahaan yang
merekrut.
o
Custom Made
Yang dimaksud custom
made disini adalah mengubah dan menyesuaikan CV atau resume agar sedapat
mungkin menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut bahwa kemampuan dan
kompetensi yang Anda miliki memang menyamai atau mendekati persyaratan kerja
yang dicari oleh pihak perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar